Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal – Ginjal adalah salah satu bagian dari organ tubuh dengan funugsinya yang sangat banyak bagi berlangsungnya kehidupan manusia. Ginjal adalah salah satu organ ekskresi yang bentuknya seperti kacang. Dan sebagai suatu bagian dari sistem urin, fungsi dari ginjal adalah membantu menyaring kotoran yang paling utama adalah urea di darah dan bisa mengeluarkannya bersamaan dengan air namun dikeluarkan dalam bentuk urin. Untuk dalam keadaan normal, ada sepasang ginjal yang letaknya berada dibelakang perut atau abdomen. Dan ginjal tersebut terletak pada bagian kanan serta kiri bagian tulang belakang, letaknya tepat dibawah hati dan juga limpa. Dan untuk orang dewasa, setiap ginjal biasanya mempunyai ukuran yakni 11 cm dengan tingkat ketebalannya adalah 5 cm serta beratnya adalah 150 gram.

Penyakit Gagal Ginjal 

Penyakit gagal ginjal diakibatkan karena adanya penyakit serius yang mendasarinya dimana membuat tubuh semakin lama berakibat pada terjadinya ginjal rusak. Beberapa penyakit yang berdampak dari penyebab gagal ginjal adalah tekanan darah tinggi, penyakit diabetes, dan adanya sumbatan pada saluran kemih seperti batu, tumor, penyempitan atau struktur, serta kelainan autoimun, misalnya adalah penyakit lupus eritematosus sistemik, akibat menderita penyakit kanker, kelainan di ginjal.

Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab Gagal Ginjal

Penyebab gagal ginjal yang lainnya adalah :

  1. Penyebab gagal ginjal akibat penyakit TBC
  2. Penyebab gagal ginjal akibat penyakit sifilis
  3. Penyakit malaria
  4. Penyakit hepatitis
  5. Penyakit preeklampsia
  6. Karena obat-obatan
  7. Dan amiloidosis

Selain itu, penyebab gagal ginjal yang lama kelamaan akan semakin berkembang menuju ke arah semakin parah dimana ginjal biasanya tidak akan bisa melakukan fungsinya dengan baik. dan di dunia medis dikenal sebagai gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik.

Tanda dan gejala dari penyakit ginjal yang satu ini adalah :

  1. Pembengkakan pada mata
  2. Kaki
  3. Nyeri di pinggang sangat hebat
  4. Menderita penyakit kencing manis
  5. Demam
  6. Kencing yang sedikit
  7. Mengalami kencing merah atau kencing darah
  8. Sering buang air kecil
  9. Melangalami kelainan urin
  10. Lemas
  11. Tidak bertenaga
  12. Nafsu makan yang menurun
  13. Mual dan muntah
  14. Mengalami pembengkakan
  15. Kencing yang berkurang
  16. Gatal-gatal
  17. Sesak nafas
  18. Pucat atau mengalami penyakit anemia

Penanganan serta pengobatan yang dilakukan dalam membantu mengatasi penyakit gagal ginjal ini adalah tergantung dari penyebab yang terjadi misalnya adalah kegagalan dari fungsi ginjal tersebut. Tujuan dari pengobatan adalah bisa mengendalikan gejala dan tanda yang bermunculan, paling tidak meminimalkan komplikasi yang terjadi dan bisa membantu memperlambat perkembangan dari penyakit. Misalnya sebagai contoh adalah : pasien membutuhkan diet dalam penurunan intake sodium, kalium, protein, dan juga cairan. Dan jika diketahui penyebab gagal ginjal adalah akibat dari penyakit lain yang mendasarinya maka biasanya dokter akan memberikan jenis obat-obatan serta terapi pemberian obat yang bisa membantu mengobati tekanan darah tinggi, penyakit anemia, dan juga kolesterol tinggi.

Mereka yang mengalami masalah penyakit gagal ginjal harus selalu dipantai pemasukan dan pengeluaran cairannya, sehingga perlunya tindakan pengobatan yang tepat adalah suatu hal yang penting. Untuk beberapa kasus yang serius, biasanya pasien disarankan atau juga diberikan tindakan cuci darah. dan kemungkinan lainnya nyang dilakukan adalah untuk mencangkok ginjal atau juga melakukan transplantasi ginjal.

Cara mencegah penyakit gagal ginjal adalah :

  1. Mengendalikan penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga penyakit jantung dengan lebih baik
    Penyakit ginjal merupakan salah satu penyakit sekunder akibat dari penyakit primer yang mendasarinya. Oleh sebab itulah, perlunya mengendalikan dan mengontrol penyakit primer agar tidak komplikasi menjadi gagal ginjal.
  2. Mengurangi makanan yang mengandung garam
    garam adalah salah satu jenis makanan dengan kandungan natrium yang tinggi. Natrium yang tinggi bukan hanya bisa menyebabkan tekanan darah, namun juga akan memicu terjadinya proses pembentukan batu ginjal.
  3. Minumlah banyak air setiap harinya
    Air adalah salah satu komponen makanan yang diperlukan tubuh agar bisa terhindar dari dehidrasi. Selain itu, air juga bisa berguna dalam membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. dan akan membantu untuk mempertahankan volume serta konsentrasi darah. selain itu juga bisa berguna dalam memelihara sistem pencernaan dan membantu mengendalikan suhu tubuh. jadi jangan sampai tubuh Anda mengalam dehidrasi.
  4. Jangan menahan buang air kecil
    Penyaringan darah merupakan salah satu fungsi yang paling utama yang dimiliki ginjal. Disaat proses penyaringan berlangsung, maka jumlah dari kelebihan cairan akan tersimpan didalam kandung kemih dan setelah itu harus segera dibuang. Walaupun kandung kemih mampu menampung lebih banyak urin, tetapi rasa ingin buang air kecil akan dirasakan disaat kanduung kemih sudah mulai penuh sekitar 120-250 ml urin. Sebaiknya jangan pernah menahan buang air kecil. Hal ini akan berdampak besar dari terjadinya proses penyaringan ginjal.
  5. Makan makanan yang baik
    makanan yang baik adalah makanan dengan kandungan nutrisi serta gizi yang baik. Hindari makanan junk food.

Itulaah informasi mengenai penyebab gagal ginjal. Semoga informasi penyebab gagal ginjal ini bermanfaat untuk Anda semuanya.

Penyebab Gagal Ginjal

Harga XAMthone Plus

Obat Gagal Ginjal

Obat Gagal Ginjal

Harga 1 Botol XAMthone Plus isi 350mL = Rp.265.000,-

Cara Beli XAMthone Plus:

KETIK SMS: Pesan XAMThone Plus, Jumlah Botol, Nama dan Alamat Kirim Anda ( Untuk menentukan Ongkos Kirim Anda )

KIRIM SMS KE: 0852-1617-3280


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in gagal ginjal and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.