Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal merupakan suatu penyakit yang menyerang organ ginjal, organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Penyakit gagal ginjal adalah penyakit yang disebabkan oleh penurunan atau matinya fungsi organ ginjal yang tiak lagi mampu bekerja secara optimal dalam menyaring pembunagan elektrolit tubuh, ketidakmampuan organ ginjal untuk menjaga keseimbangan cairan dan zat kimia tubuh seperti sodium dan kalium di dalam darah atau saluran kandung kemih yang menyimpan urine.

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit yang cukup serius dan kronis, penyakit gagal ginjal ini timbul karena kemungkinan adanya infeksi atau luka pada ginjal itu sendiri. Penyakit gagal ginjal dapat menyerang siap saja terutama lebih sering hinggap pada mereka yang masih berusia dewasa muda, namun dari banyaknya kasus penyakit gagal ginjal ini paling banyak hinggap pada mereka yang berusia lanjut.

Penyebab dari penyakit gagal ginjal itu sendiri dibawa adanya penyakit lainnya yang berdampak langsung pada organ ginjal. Penyebab lainnya dari penyakit gagal ginjal umumnya dari konsumsi air mineral yang kurang dari jumlah kebutuhan tubuh akan cairan, banyak berkemih namun jarang konsumsi air mineral, sehingga membuat ginjal menjadi kering yang pada akhirnya hanya membuat kerusakan pada ginjal yang tidak mampu menyeimbangkan zat yang dalam tubuh.

Manusia memiliki 2 pasang ginjal yang terletak di belakang perut atau abdomen. Ginjal manusia teletak dibagian kanan dan kiri tulang belakang, dibawah hati dan limpa dan dibagian atas (superior) ginjal terdapat kelenjar adrenal. Ginjal manusia terbungkus oleh dua lapisan lemak yang berfungsi untuk menghindari guncangan pada ginjal.

Gambar organ ginjal manusia

Berikut beberapa fungsi ginjal bagi tubuh manusia, diantaranya :

1. Ginjal sebagai media organ yang berfungsi untuk menyaring dan membersihkan darah dari zat-zat sisa metabolisme tubuh

2. Mengeksresikan atau menyeimbangkan zat yang jumlahnya berlebihan

3. Reabsorbsi (penyerapan kembali) elektrolit tertentu yang dilakukan oleh bagian tubulus ginjal

4. Menyeimbangkan asam basa dalam tubuh manusia

5. Menghasilkan zat hormon yang dapat membantu pembentukan dan mematangkan sel-sel darah merah di sumsum tulang

6. Mengatur pH dan mempertahankan pH plasma darah pada kisaran 7,4 melalui pertukaran ion hidronium dan hidroksil. Akibatnya, urine yang dihasilkan dapat bersifat asam pada pH 5 atau alkalis pada pH 8.

Penyakit gagal ginjal yang disebabkan oleh banyak faktor yang kemungkinan adanya penyakit kronis atau terdeteksinya penyakit terdahulu yang kemudian beimbas kepada kerusakan organ ginjal. Beberapa penyakit yang menyebabkan kerusakan dan kegagalan fungsi organ ginjal seperti penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes mellitus, adanya gangguan pada saluran kemih seperti terdapat batu kemih di saluran kemih, kelainan autoimun, menderita penyakit kanker, penyakit kista, rusaknya sel penyaring pada organ ginjal akibat peradangan yang terdapat luka atau infeksi pada ginjal akibat darah tinggi atau yang disebut dnegan glumerulonephritis.

Tak hanya itu akibat dari kegagalan fungsi organ ginjal jika tidak segera diatasi akan berakibat buruk yang membawa pada faktor resiko penyakit lainnya yang mudah timbul seperti muntaber, perdarahan, hepatitis, pre-eklampsia, TBC, sifilis dan penyakit lainnya.

Dalam ilmu kedokteran penyakit gagal ginjal memiliki 2 jenis gagal ginjal akut dan gagal kronik. Penyakit gagal kronik merupakan tahap akhir dari penyakit gagal ginjal yang sebenarnya, banyak penderita gagal ginjal yang mengharuskan dirinya untuk cuci darah yang dapat dilakukan setiap seminggu sekali, 2 minggu sekali yang tentunya memakan biaya yang cukup mahal dalam 1 kali pengobatan cuci darah yang kemudian diharuskan mengkonsumsi obat-obatan untuk mempertahankan kondisi kesehatan yang tentunya memberi efek negatif dari konsumsi obat-obatan secara terus-menerus juga berakibat fatal pada kerusakan organ tubuh lainnya.


=====================================

>>> Xamthone Plus Membantu Pengobatan Penyakit Ginjal, Lihat Testimoni Disini!
=====================================


This entry was posted in Ginjal, Penyakit Gagal Ginjal and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>